Senin, 26 Desember 2011

Saatnya Ranting di Berdayakan


Oleh : Rusmono/ Ketua DPRt PAN Paseban Jakarta Pusat
Puji serta sukur kita panjatkan kehadirat Alloh swt,semoga kita semua dalam lindungan dan bimbinganNya. amin ya robbal alamin
PAN yang lahir sebagai partai reformis yang di dalamnya banyak sekali para tokoh muda dan profesional tentunya  PAN haruslah berbeda dengan partai lain,dalam konteks  ini PAN adalah penggerak demokrasi,penggerak nilai-nilai kebangsaan dan nasionalis,PAN yang di deklarasikan oleh Amin Rais merupakan momentum panjang perjalanan bangsa ini menuju bangsa yang bermartabat, oleh karena itu PAN merupakan wujud dari nilai-nilai demokrasi,dan kemajemukan  ini tercermin dari banyaknya golongan suku,ras maupun agama yang masuk dalam partai ini,secara pribadi saya termasuk pengagum Amin Rais lewat pemikirannya .dan seumur hidup saya saya baru berkiprah di duniaPolitik yaitu di PAN sampai saat ini.
PAN  bagi saya nerupakan partai yang mempuyai nilai-nilai moralitas dan religius karena ketokohan Amin Rais, tetapi berjalannya waktu PAN saat ini  dengan sumber daya yang ada  haruslah konsisten dengan misi dan visinya sebagai garda terdepan dalam mengawal perbaikan bangsa ini, dengan menjadi Partai yang menyeruarakan kepentingan rakyat& bangsa di atas kepentingan pribadi ataupun  golongan dengan mengedepankan demokrasi,inilah modal yang sangat fundamental kepercayaan masyarakat terhadap partai yang ada.
Untuk itu PAN  belajar dari pemilu yang lalu kenapa PAN sebagai partai reformis tapi suaranya belum signifikan? Ini pertanyaan sekaligus tantangan  bagi pengurus yang secara struktural ikut bertanggung jawab?tidak mungkin tanggung jawab ini di bebankan kepada ketum saja .saya kira ini yang harus kita evaluasi dan introfeksi  sejauh mana kita berjuang dan bekerja, sudahkah kita menyatukan persepsi,saling mengormati,menghargai antar kader,mencintai sesama, apakah malah sebaliknya?perpecahan persepsi dan tidak adanya saling menghormati dan tidak adanya komunikasi antar kader tidak ada kebersamaan saling mendahului dan masih banyak yang harus kita rubah demi eksistensi Pan ke depan.
Saya sebagai kader sangat mengharapkan PAN  harus tampil lebih agresif dan harus mendengarkan arus bawah yaitu tingkat Ranting karena  saat ini Ranting belum diperdayakan aspirasinya dan masih menjadi kepentingan praktis bukan mitra pemenangan dalam pemilu, jika saja Ranting di kelola dengan baik maka saya yakin lewat pendidikan politik Ranting akan menjadi solid dan biasa membesarkan partai.Jadikan ranting sebagai mitra kerja bukan kepentingan kerja praktis rangkul dan berilah penghargaan /ucapan terimakasih atas didikasinya dan perjuangannya  dalam membangun PAN kea rah Yang lebih baik.
Semoga dengan kepemimpinan Bapak Hatta Radjasa PAN akan senantiasa kreatif, bersatu dalam mewujudkan cita-cita bangsa kearah yang sejahtera dan berkeadilan. Semoga pemilu yang akan datang menjadi momentum untuk menjadi yang terdepan ,saya optimis mari kita membuka lembaran PAN yang lebih baik. Harapan itu masih ada saudaraku …..selamat berjuang.

9 input untuk Rakernas PAN dari Ranting
Kemayoran 10-11desember2011 di PRJ
1.       PAN harus lebih banyak berbuat untuk masyarakat luas melalui Wakil Rakyatnya.
2.       Satukan persepsi antar kader secara setruktural
3.       Bangun kaderisasi di tingkat ranting  melalui team Work Organisasi
4.       Berikan pelatihan tentang pendidikan politik kepada setiap kader pan secara berkala
5.       Perdayakan Ranting melalui kegiatan sosial dan keagamaan
6.       Bentuk wirausaha kecil di tingkat Ranting melalui program Rakyat
7.       Jadikan R anting sebagai basis kader minimal 50 orang
8.       Informasikan kegitan-kegiatan tingkat DPP,DPW dan seterusnya.
9.       Berikan Ranting untuk berekpresi mengembangkan program PAN di tingkat kelurahan.   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar